BLANTERWISDOM101

Garuda Terbang Tinggi: Naturalisasi Bawa Angin Segar Buat Timnas Indonesia!

Senin, 06 Mei 2024

 



Eh, guys! Tau gak sih kalo Timnas Indonesia lagi rame nih soal pemain naturalisasi? Yap, bener banget! PSSI lagi gencar banget nge-rekrut pemain keturunan buat memperkuat timnas kita.

Gak heran sih kalo langkah ini menuai banyak perhatian, termasuk dari mantan pelatih Timnas Malaysia, Ong Kim Swee. Beliau kasih pujian lho buat PSSI! Katanya, strategi naturalisasi ini jitu banget buat ngeboost kekuatan timnas.

"Mengambil pemain naturalisasi itu gak salah," tegas Ong Kim Swee. Doi bilang kalo pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang main di Eropa punya nilai plus karena udah terbiasa main di liga kompetitif dan ngelawan pemain-pemain berkualitas. Beda banget kan sama pemain naturalisasi di Malaysia yang rata-rata main di liga domestik?

"Pemain naturalisasi di Indonesia kan main di Eropa, di liga yang kompetitif. Lawannya pemain-pemain berkualitas. Beda sama di Malaysia, pemain naturalisasinya main di liga negara sendiri. Itu gak bantu apa-apa," jelas Ong Kim Swee.

Beliau ngasih contoh nih, kayak Elkan Baggott, Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick. Pemain-pemain ini kan udah malang melintang di liga Eropa dan punya jam terbang tinggi. Pasti bakalan nambah kekuatan timnas kita banget nih!

Bukan cuma soal skill, Ong Kim Swee juga bilang kalo naturalisasi pemain keturunan yang main di luar negeri itu bakalan ngebawa mentalitas dan pengalaman baru ke timnas. Cocok banget kan buat ngebentuk tim yang tangguh dan siap bersaing di level internasional. 🇮🇩

Sebagai orang yang udah lama ngelihat perkembangan sepakbola Indonesia, Ong Kim Swee yakin kalo langkah PSSI ini bakalan ngebawa hasil positif. Beliau bahkan bilang kalo Indonesia udah mulai bangkit dan punya banyak program bagus buat ngembangin sepakbola. 🇮🇩

"Sejak 2013, saya lihat sepakbola Indonesia sudah mulai bangkit. Mereka punya banyak program bagus," kata Ong Kim Swee.

So, buat kamu yang masih ragu sama strategi naturalisasi ini, mending dengerin aja omongan Ong Kim Swee. Beliau kan gak asal ngomong, pengalamannya di dunia sepakbola udah gak usah diragukan lagi.

Yuk, guys, kita dukung bareng-bareng timnas Indonesia! Percaya deh, dengan strategi naturalisasi ini, Garuda kita bakalan terbang semakin tinggi dan menggapai prestasi yang membanggakan! 🇮🇩

Share This :

0 comments