BLANTERWISDOM101

Gunung Berapi Super Keren yang Melelehkan Lava Hitam Mirip Oli Motor!

Senin, 06 Mei 2024

Kalo lo ngerasa udah tau semua tentang gunung berapi, coba deh kepoin yang satu ini: Ol Doinyo Lengai! Jangan heran kalo abis baca ini, lo bakal ngerasa kayaknya pengen langsung ke Tanzania buat ngeliatin langsung gunung berapi paling kece di dunia!


Jadi gini, Ol Doinyo Lengai itu beda banget sama gunung berapi lainnya. Dia punya jurus andalan, yaitu melelehkan lava hitam yang mirip banget sama oli motor encer. Mantap, kan? Lokasinya ada di Celah Afrika Timur, Tanzania, tempat yang kaya akan kehidupan liar kayak gajah, macan tutul, kuda nil, dan jerapah. Mantap kan suasana alamnya!


Gimana sih ceritanya? Nah, lo pasti udah tau kan biasanya gunung berapi mengeluarkan lava yang kaya akan mineral silikat dan super panas. Nah, Ol Doinyo Lengai punya cerita beda. Lava yang dia keluarkan itu namanya lava natrocarbonatite. Jangan sampe kejebak sama namanya, tapi intinya, lava ini beda banget dari yang lainnya.


Kenapa beda? Soalnya, lava di gunung berapi lain biasanya meleleh di suhu super tinggi, bisa lebih dari 900 derajat Celsius. Tapi, lava di Ol Doinyo Lengai ini kandungan silikanya sedikit banget, jadi melelehnya pas di suhu sekitar 540 derajat Celsius. Ini yang bikin lava hitam unik dari gunung ini.


Pas meletus, lo bakal liat kayak oli motor hitam yang mengalir. Keren banget kan visualnya? Makanya, Ol Doinyo Lengai ini jadi favorit para ilmuwan buat diteliti. Mereka terkejut banget sama kemampuan gunung ini meletus dengan sangat intens. Biasanya kan, gunung berapi yang meletusnya eksplosif, tapi ini beda. Gunung ini bisa ngeluarin lava yang kental kayak soda bubuk!


Ketinggian gunung ini sekitar 2.962 meter, punya dua kawah, tapi yang sering meletus tuh yang di utara. Letusan terakhir terjadi pada April 2017, dan sampai laporan terakhir Maret 2024, masih aktif banget nih gunungnya.


Dari penelitian yang pernah dilakukan, ternyata komposisi gas di Ol Doinyo Lengai ini mirip banget sama gas yang ada di bawah laut. Jadi, para peneliti menyimpulkan kalo lava unik yang ada di gunung ini itu berasal dari mantel atas bumi. Makanya, gunung ini jadi tempat penelitian yang super menarik buat ilmuwan geologi.


Pokoknya, Ol Doinyo Lengai ini jadi bukti nyata betapa keren dan uniknya alam kita ini, ya! Kita punya banyak hal menarik yang masih perlu dipelajari dan dijaga kelestariannya. Jadi, kalo lo suka sama petualangan dan eksplorasi, jangan lupa masukin Tanzania ke daftar destinasi liburan lo selanjutnya!

Share This :

0 comments